Marketing

Tren Pemasaran Digital 2018 yang Perlu Anda Ketahui

Tidak terasa, kita sudah sampai pada awal tahun 2018. Setiap tahun baru pastinya kita berbicara tentang refleksi diri dan perubahan untuk ke depannya. Apakah kita sudah berhasil mencapai target tahun lalu? Apakah ada strategi yang tidak berhasil dijalankan? Berbicara mengenai strategi pemasaran tahun baru, ada baiknya untuk melihat tren-tren pemasaran digital yang sedang hangat dibicarakan agar Anda tidak melewatkan kesempatan-kesempatan yang ada. Berikut ini beberapa tren pemasaran digital yang akan semakin kuat pada tahun 2018:

Influencer marketing tetap digemari

Tahun lalu, dunia digital marketing tengah diramaikan dengan yang namanya Influencer Marketing. Pemasaran seperti ini pada umumnya memanfaatkan popularitas dari public figure untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah produkSebut saja fenomena selebgram (selebritas Instagram) yang sedang ramai diperbincangkan dan dipraktekkan. Pada tahun 2018 ini, diprediksi strategi influencer marketing ini tidak akan surut. Besar kemungkinan brand akan berinvestasi lebih banyak pada influencer yang sudah memiliki reputasi dan memiliki audiensnya sendiri. Selain itu, pada tahun ini pemasar akan lebih mengutamakan influencer yang sejalan dengan brand mereka untuk mempertahanakan autentisitas.

 Konsumsi video mobile akan terus meningkat

Sebuah studi mengungkapkan bahwa 55% pengguna internet menonton video secara online setiap harinya. Angka ini diperkirakan akan semakin meningkat di tahun 2018, apalagi melihat banyaknya raksasa teknologi yang berlomba-lomba mendorong penggunanya untuk berbagi dan mengkonsumsi video mobile, misalnya dengan kehadiran fitur Instagram Stories atau WhatsApp Status. Untuk itu, brand sebaiknya harus mulai berinvestasi pada pemasaran berbasis video di berbagai platform yang sesuai untuk menarik perhatian target pasar. Yang jelas, pada tahun 2018 ini Video Advertising bakal jadi opsi yang tepat dan efektif bagi Anda yang ingin mempromosikan produk, apapun itu.

Pemasaran Konten (Content Marketing) semakin signifikan

Rasanya, pemasaran konten selalu saja termasuk ke dalam jajaran teratas pada tren pemasaran digital dan tidak ada matinya. Tidak terkecuali pada tahun ini. Dalam tahun 2018 ini, disarankan bagi Anda untuk membuat konten yang benar-benar menarik dan relevan bagi target audience Anda. Neil Patel memaparkan bahwa strategi pemasaran konten kini tidak terbatas pada postingan blog saja. Ada berbagai macam bentuk konten yang bisa dijelajahi, seperti postingan media sosial, infografik, e-book, dan sebagainya.

Artificial Intelligence (A.I.) akan semakin menjamur

Salah satu contoh penerapan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan yang paling banyak digunakan adalah chatbots. Anda pastinya sudah familiar dengan teknologi yang satu ini. Teknologi ini dirancang untuk mendukung kinerja tim Customer Service dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Di Indonesia sendiri, mungkin belum begitu banyak brand yang memanfaatkan teknologi ini. Tapi di negara lain seperti Amerika Serikat, chatbot sudah lazim digunakan dalam berbagai aktivitas, mulai dari membeli tiket bioskop hingga membeli pizza.

Semua tren ini akan menjadi landasan yang bisa diterapkan pada strategi pemasaran digital anda pada tahun ini. Apakah ada tren yang belum tercantum pada daftar dan patut untuk diperhatikan? Silahkan komentar di bawah ini 🙂

Konten ini dipersembahkan oleh Heroleads Indonesia, perusahaan teknologi yang membantu bisnis Anda berkembang dengan menggunakan teknologi performance marketing terbaru. Kunjungi blog Heroleads Indonesia untuk artikel dan informasi seputar pemasaran digital, teknologi, dan bisnis.
You may also like
Strategi Branding di Tengah Pandemi Covid-19
Facebook vs Twitter: Mana yang Lebih Baik Untuk Bisnis Anda?

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

error

Belajar sesuatu yang baru? Share ke orang lain untuk berbagi ilmu :)