Leadership

People Development: Ikuti 4 Langkah Berikut

Salah satu tugas paling utama seorang pemimpin adalah memastikan timnya berkembang. Seperti yang saya bahas di artikel 5 Tingkat Kepemimpinan, inti sari untuk level 4 adalah people development. Pemimpin yang hebat harus menghasilkan pemimpin-pemimpin hebat lainnya alias regenerasi.

Nah, berikut 4 langkah yang anda bisa lakukan ketika ingin mendidik karyawan anda.

1. I do it, you’re with me

Langkah paling awal (dan mungkin paling sulit) adalah memberikan contoh yang baik kepada bawahan anda. Di sini ketika anda ingin mengajarkan sesuatu hal, pastikan anda mahir dulu di bidang tersebut. Dan ketika anda mengerjakan pekerjaan itu, pastikan bawahan anda ada di samping anda untuk menyimak bagaimana anda melakukannya.

Contohnya jika anda seorang Sales Manager, pastikan bawahan anda menunjukan bagaimana cara menjual yang handal di depan konsumen. Sarankan bawahan anda menyimak, mencatat, dan memberikan feedback tentang apa yang anda lakukan.

2. You do it, I’m with you

Setelah anda mencontohkan “how to get things done”, kini giliran bawahan anda yang melakukannya. Tugas anda adalah menjadi mentor untuk mengawasi dan memberikan feedback. Tujuan utama langkah ini adalah meningkatkan rasa percaya diri. Tentunya tim anda tidak akan bisa sehebat anda di awal, malah akan buat banyak kesalahan. Di sinilah kesabaran seorang pemimpin diuji.

Pastikan anda sudah mebuat rencana, berapa lama anda bisa menemani bawahan anda sampai dia bisa melakukan pekerjaan tersebut secara mandiri.

3. You do it

Bawahan anda sudah mahir, percaya diri, dan bisa dilepas untuk mengerjakannya sendiri. Di sini anda akan menerima laporan hasil pekerjaan. Walaupun sudah bisa mengerjakan sendiri, pastikan anda tetap kontrol secara rutin kualitas pekerjaan tim anda. Dan jangan lupa untuk selalu menanyakan terobosan baru dari tim anda untuk meningkatkan efisiense dan produktivitas pekerjaan tersebut.

4. You do it, someone else is with you

Sering kali kita melupakan step yang ini. Padahal, seperti yang saya bilang, pemimpin yang hebat mampu menciptakan orang-orang hebat lainnya. Pastikan bawahan anda bisa mengajarkan skill yang baru ini ke individu lainnya. Tanamkan rasa berbagi dan tidak pelit ilmu ke tim anda. Dan ketika mereka mengajarkan pekerjaan ke karyawan lain yang lebih junior, pastikan mereka melakukannya dari langkah nomor 1.

You may also like
10 Tips Untuk Bertanya Lebih Baik
5 Tingkat Kepemimpinan

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

error

Belajar sesuatu yang baru? Share ke orang lain untuk berbagi ilmu :)