Marketing

Mau SEO dan Konversi yang Lebih Baik? Audit Wesbsite Anda

Kapan terakhir kali Anda memeriksa website Anda? Jika sudah tidak bisa mengingat atau mungkin berencana untuk melakukan redesign website, cara-cara mengaudit website yang akan dibahas berikut ini patut dimasukkan ke dalam checklist Anda.

Mengapa Harus Mengaudit Website?

Performa Website yang Optimal – Mengaudit website bukan hanya sekedar mengevaluasi konten, tetapi juga hal-hal teknis seperti infrastruktur website, seberapa ‘ramah’ website Anda dengan pengunjung website dan mesin pencari.

Meningkatkan SEO – Peluang SEO yang mungkin terlewat dapat diketahui dengan mengaudit website. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki performa SEO seperti penjejalan kata kunci dan tautan jangkar tautan pencocokan tepat di seluruh konten website Anda.

Menaikkan Angka Konversi – Efektivitas performa website dalam lead generation dan konversi Anda dapat dinilai dengan mengaudit website. Anda akan dapat melihat setiap peluang yang sebelumnya diabaikan untuk mengubah pengunjung menjadi lead sehingga Anda dapat menambahkan Call-to-Action yang relevan, serta mengidentifikasi kekurangan di landing page Anda sehingga Anda dapat mengoptimalkannya untuk meningkatkan konversi.

Tiga manfaat mengaudit website tersebut dapat Anda raih dengan melakukan penilaian-penilaian di bawah ini.

Penilaian Performa Website

Penilaian ini fokus kepada user experience ketika mengunjungi dan mencari informasi di website Anda. Desain dan keselurahan navigasi website harus sesuai dengan apa yang dicari pengunjung di dalam website Anda. Anda harus memastikan kemudahan navigasi tersebut mulai dari homepage, ke blog posts, ke landing page, dan semua konten terkait lainnya.

Semakin banyak Anda dapat menarik pengunjung ke website, semakin banyak pula kesempatan untuk membuat lead, dan yang terpenting, customer. Tetapi, itu hanya dapat dilakukan jika website Anda tampil dengan baik. Berikut penilaian yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa website:

  • Apakah semua value proposition dapat diakses dengan mudah di navigasi utama atau menu items?
  • Apakah desain website intuitif dan responsif namun tetap simpel? Apakah pages website terlihat berantakan serta terlalu banyak iklan atau CTA? Apakah website Anda mobile-friendly?
  • Apakah proses konversi atau checkout intuitif dan dapat berjalan dengan lancar? Adakah hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian pengunjung along the way?
  • Bagaimana dengan keseluruhan kecepatan website? Tentu fast-loading website sangat penting untuk visitor engagementretention, dan juga konversi.
  • Apakah URL dan struktur website Anda sudah optimal untuk di mesin pencari?

Penilaian SEO

Penilaian konten yang Anda muat tidak kalah penting dengan performa website. Anda harus memastikan bahwa konten Anda dapat menyelesaikan masalah dan sesuai dengan keinginan pengunjung. Penilaian yang penting dilakukan untuk meningkatkan SEO adalah:

  • Apakah konten Anda berkualitas tinggi? Konten yang ditulis dengan baik, memuat informasi detail mengenai topik tertentu, dan memberikan pengunjung next steps seperti CTA sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung, serta kebutuhan dan masalah mereka. Nilai konten Anda dari perspektif pengunjung. Apakah informasi yang didapat memuaskan? Sudahkah menjawab semua pertanyaan Anda? Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya?
  • Apakah performa website di mesin pencari optimal? Tinjau kata kunci apa yang memberikan traffic dan leads paling besar. Apakah konten di website Anda relevan dengan kata kunci tersebut? Evaluasi elemen-elemen dasar SEO seperti URL, meta description, dan judul halaman, serta pastikan kata kunci relevan sudah termasuk ke dalamnya.

Penilaian Konversi

Di tahap ini, marketing offers, CTA, dan landing page memegang peran penting dalam performa website Anda untuk menciptakan leadsdan konversi. Peluang yang ditawarkan tidak hanya untuk mendapatkan informasi pengunjung sehingga Anda bisa follow up with leads, tetapi juga menjaga pengunjung untuk tetap terhubung dengan konten dan brand Anda. Tingkat konversi Anda dapat dinilai sebagai berikut:

  • Apakah Anda memiliki variasi konten dan marketing offers yang dapat menarik ke semua pengunjung dengan buyer persona yang berbeda-beda?
  • Apakah CTA telah dieksekusi dengan efektif? Adakah peluang untuk memasukkan CTA ke halaman-halaman website yang terlewat?
  • Seberapa optimal landing pages Anda?

Mengevaluasi konten dan aspek-aspek teknis di website Anda berperan sangat penting dalam meningkatkan traffic dan konversi yang website Anda hasilkan. Mengaudit website bukan hal yang mudah, terutama jika Anda bukan orang yang termasuk tech-savvyArtikel dari Distilled meringkas daftar tools yang bisa Anda gunakan saat mengaudit aspek-aspek teknis website. Anda juga bisa melihat daftar checklist lengkap untuk mengaudit website di artikel oleh SEER.

Konten ini dipersembahkan oleh Heroleads Indonesia, perusahaan teknologi yang membantu bisnis Anda berkembang dengan menggunakan teknologi performance marketing terbaru. Kunjungi blog Heroleads Indonesia untuk artikel dan informasi seputar pemasaran digital, teknologi, dan bisnis.
You may also like
Inilah 4 Alasan Bisnis Anda Memerlukan Pemasaran Digital
Tren Pemasaran Digital 2018 yang Perlu Anda Ketahui

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

error

Belajar sesuatu yang baru? Share ke orang lain untuk berbagi ilmu :)