Leadership

10 Tips Untuk Bertanya Lebih Baik

Banyak yang tidak menyadari bahwa kemampuan kita bertanya akan sangat berpengaruh dengan kesuksesan kita dalam bekerja. Sebagai leader, untuk membuat keputusan yang tepat, dibutuhkan informasi dan analisa yang akurat yang hanya akan Anda dapatkan dengan menanyakan pertanyaan yang berkualitas.

Di Google, Anda akan mendapatkan jawaban apa saja. Yang jadi masalah adalah pertanyaan apa yang Anda berikan. Semakin baik pertanyaan kita, semakin baik pula hasil yang kita dapatkan.

Oleh karena itu, berikut saya share sedikit beberapa tips yang bermanfaat dalam bertanya:

1. Pay a very good attention

Sebelum Anda bertanya, pastikan anda menyimak, mencatat, menjaga eye contact, dan meminimalisir segala bentuk distraction. Orang akan appresiasi ketika lawan bicaranya benar-benar menyimak. Dari situ, anda akan mendapat jawaban yang lebih baik.

2. Paraphrasing

Ada baiknya sebelum anda mengeluarkan pertanyaan untuk mengulangi poin penting lawan bicara anda. Contoh: “Seperti yang tadi sudah dijelaskan tentang … Apakah mungkin … ?” Teknik ini sangat berguna untuk menunjukan bahwa anda sangat tertarik dengan topik yang disampaikan.

3. Use the question words

Selalu gunakan kata tanya dalam pertanyaan. Hal yang mungkin terlihat sepele, tapi pertanyaan Anda akan terlihat lebih berbobot ketika menggunakana kata tanya yang tepat seperti bagaimana, kenapa, siapa, berapa, apa, dll.

4. Keep it brief

Buatlah pertanyaan yang simpel dan tepat sasaran. Hindarilah pertanyaan yang terlalu panjang dan bertele-tele.

5. Ask open ended question

Untuk mendapat jawaban yang lebih detail, pastikan anda menanyakan pertanyaan yang membutuhkan jawaban lebih dari sekedar iya/tidak atau benar/salah.

6.  Ask specific question

Semakin detail pertanyaan Anda, semakin baik jawaban yang anda dapatkan. Hindari pertanyaan yang terlalu umum dan mintalah contoh kepada lawan bicara anda ntuk mendapatkan jawaban yang lebih detail.

7. Suggestive question

Ketika anda ingin mengajukan sebuah saran, ada baiknya menggunakan pertanyaan seperti “Bagaimana jika…?” atau “Kenapa tidak…?” Ini akan membuat saran Anda lebih membangun dan menimbulkan komunikasi dua arah karena saran Anda membutuhkan jawaban.

8. Use the silence

Silence adalah bagian dari komunikasi. Silence bisa digunakan di awal, di tengah, atau di akhir. Silence berguna untuk mendapatkan perhatian lebih dari lawan bicara Anda.

9. Ask permission to show respect

Akan lebih sopan jika anda meminta izin untuk bertanya sebelum melempar pertanyaan. Apalagi lawan bicara anda sedang menjelasakan sesuatu yang panjang, dan ada ingin bertanya ditengah-tengah.

10. Be genuine

Pastikan alasan kita untuk bertanya adalah untuk mendapatkan informasi lebih dari lawan bicara Anda. Jangan gunakan pertanyaan untuk cari muka, memanipulasi, atau bahkan memojokkan lawan bicara anda.

Untuk bisa menjadi expert dalam bertanya dibutuhkan banyak latihan. Semoga tips ini bisa membantu Anda untuk bertanya lebih baik. Change your questions, change your life. Selamat mencoba 🙂

You may also like
Memimpin Sebuah Crisis Recovery
Decision Making Strategy

Leave Your Comment

Your Comment*

Your Name*
Your Webpage

error

Belajar sesuatu yang baru? Share ke orang lain untuk berbagi ilmu :)